Mengapa Mesir Menutup Pintu Perbatasan..?

Mengapa Mesir menutup pintu perbatasan?
Mengapa Bangsa Arab Diam?
Mengapa Banyak negara berpenduduk Islam mayoritas hanya diam?
Mengapa Diam?
Mengapa?
Mengapa? Dan
Mengapa?
Tak mudah mendesak suatu Negara mengambil sikap tertentu. Kepentingan ekonomi dan politik selalu menjadi pertimbangan utama. Itu juga sebab kenapa banyak negara berpenduduk Islam di sekitar Palestina sampai saat ini diam. Dan kalau dibaca dengan pendekatan kepentingan politik (political interest approach), konflik antar negara selalu merupakan kepentingan politik.
Inilah yang disebut global-politis-complex, komplek politik global. Bahwa di satu sisi, politik global mengutamakan nilai dan kepentingan masyarakat dunia, tapi di lain sisi, politik global adalah politik domestic dari masing-masing Negara yang dengan sendirinya tak bisa tanpa kepentingan parsial atau sepihak.
Penomenanya agak berbeda dengan perlawanan Negara-negara neososialis di Amerika Latin. Chavez di Venezuela, misalnya dikenal anti Amerika dan kepentingannya, dengan mengusir Dubes Israel Sholomo Choen dari Caracas adalah mengglobalkan sentiment Anti-Amerika, anti neoliberalism, bahkan dalam tanda petik anti-protestanisme Amerikanisme, Chavez berangkat dari Ideologi, tapi tetap saja pada akhirnya bermuara ke satu titik, kepentingan ekonomi dan politik.
16_meses_de_intifada_palestina11

Diterbitkan oleh surtaman

Aku orang desa, yang mencoba untuk bergerak mencari ilmu, sehingga menghasilkan perubahan, karena hidup itu bergerak bukan diam, diam berarti kita terinjak atau mati. Allahu Akbar..!

Tinggalkan komentar